Pentingnya Literasi Digital Masyarakat Di Era Internet Satelit

02 Juni 2024 dasrilsinuruik Gerak Digital


                                 Internet satelit starlink (ft.linked)

Di era digital yang semakin berkembang pesat, literasi digital menjadi keterampilan esensial yang harus dimiliki oleh setiap individu. Literasi digital mencakup kemampuan untuk mengakses, memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi digital secara efektif dan etis. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet, terutama melalui teknologi internet satelit seperti Starlink, kebutuhan akan pemahaman literasi digital menjadi semakin mendesak.

Internet satelit, terutama dengan kehadiran layanan seperti Starlink yang diluncurkan oleh SpaceX, memungkinkan akses internet di daerah-daerah terpencil yang sebelumnya tidak terjangkau oleh infrastruktur internet tradisional. Teknologi ini tidak hanya membawa akses internet berkecepatan tinggi ke daerah pedesaan dan terpencil, tetapi juga menciptakan peluang baru untuk pendidikan, ekonomi, dan komunikasi.

Contoh kongkritnya bisa kita dilihat Di Indonesia, banyak pulau-pulau terpencil yang kini dapat mengakses internet berkat layanan internet satelit. Hal ini membuka akses informasi yang lebih luas dan memungkinkan penduduk setempat untuk terhubung dengan dunia luar.

Seiring dengan meningkatnya akses internet, literasi digital menjadi kunci untuk memastikan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini secara optimal. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat digital, tetapi juga pemahaman tentang etika digital, keamanan siber, dan kemampuan untuk mengevaluasi keabsahan informasi yang ditemukan di internet.

Manfaat Literasi Digital:

  • Pendidikan

Dengan literasi digital, siswa dapat memanfaatkan sumber daya online untuk belajar mandiri, mengikuti kursus daring, dan mengakses perpustakaan digital.

  • Ekonomi

Pengusaha kecil dapat memasarkan produk mereka secara online, mengakses pasar yang lebih luas, dan menggunakan alat digital untuk meningkatkan efisiensi bisnis.

  • Layanan Publik

Masyarakat dapat mengakses layanan pemerintah, kesehatan, dan keuangan secara online, yang meningkatkan efisiensi dan transparansi.

  • Kesadaran dan Keamanan Digital

Pemahaman literasi digital juga mencakup kesadaran akan keamanan digital. Dengan akses internet yang lebih luas, masyarakat perlu dilengkapi dengan pengetahuan tentang cara melindungi data pribadi, menghindari penipuan online, dan menggunakan internet dengan aman.

Di dalam hal ini, pemerintah dan sektor swasta perlu bekerja sama untuk menyediakan program pendidikan dan kampanye kesadaran tentang keamanan siber. Ini termasuk pelatihan tentang penggunaan kata sandi yang kuat, pengenalan terhadap phising dan praktik keamanan dasar lainnya.

Hal ini bisa kita lihat dengan apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah India. Dimana mereka telah meluncurkan kampanye kesadaran siber yang menargetkan pengguna baru internet di daerah pedesaan, memastikan mereka memiliki pengetahuan dasar tentang keamanan digital.

Selanjutnya kita juga harus memperhatikan peningakatan keterampilan Digital masyarakat melalui pendidikan. Untuk mengoptimalkan manfaat dari internet satelit, program-program pendidikan dan pelatihan tentang literasi digital harus diperluas. Sekolah, universitas, dan lembaga pelatihan perlu menyediakan kursus yang fokus pada keterampilan digital, mulai dari penggunaan dasar komputer hingga pemrograman dan manajemen data.

Sebagaimana yang dilakukan di Negara Kenya, proyek-proyek berbasis internet satelit telah memungkinkan pelatihan keterampilan digital bagi kaum muda di daerah pedesaan, membantu mereka memperoleh pekerjaan di sektor teknologi.

Pemahaman literasi digital adalah kunci untuk memastikan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi internet, terutama internet satelit, secara maksimal. Dengan akses internet yang lebih luas, literasi digital memungkinkan individu untuk mengakses informasi, meningkatkan keterampilan, dan berpartisipasi dalam ekonomi digital. Tantangan tetap ada, terutama dalam hal pendidikan dan keamanan siber, tetapi dengan upaya bersama dari pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan, dampak positif dari perkembangan ini dapat terus diperluas.(DS)